Tips Menaikan Trafik Blog

Di awal-awal memiliki blog,  saya frustasi karena pengunjung blog masih sepi. Seperti bayi baru lahir, belum banyak yang kenal. Saya pingin banyak yang datang karena tujuan buat adalah “sharing and caring”😀.  Apalagi blog yang dibuat bukan untuk tujuan komersil, tidak untuk menarik pengunjung meng-klik iklan. Beberapa tahun yang lalu saya belajar SEO (search engine optimisation). Belajar aja, tidak diimplementasikan. Baru sekarang trik-triknya dicoba supaya trafik pengunjung meningkat.

Dari coba-coba mengelola 3 website ( 2 blog milik saya dan satu weblog kantor). Ternyata trafik weblog kantor lebih tinggi dari 2 blog saya….ckckckck. Ya ga pa pa-lah😀. Berikut beberapa tips meningkatkan trafik🙂

  • Beritahu lingkaran terkecil, teman-teman dan kerabat kalau Anda punya blog/website. “Eh, ku punya blog ni. Main dong, jangan lupa kasih komen yaaaa😀.”
  • Punya email? Masukan alamat blog/web dalam signature. Penerima email akan penasaran, punya blog nih??? klik ahhh…
  • Punya facebook? Sekali-sekali tulis status Anda dengan alamat salah satu posting di blog. Dari ratusan friend list Anda, minimal puluhan diantaranya akan meng-klik link yang Anda posting
  • Blogwalking-lah….main-main ke blog orang lain dan jangan lupa tinggalkan JEJAK. Caranya, beri komentar yang baik, minimal salam kenal.

Itu yang simpel-simpel, sekarang tips yang butuh analisis sedikit😀

  • Buat blog yang unik dan spesifik, sebaiknya bukan blog dengan tema campur aduk. Misal tentang pemrograman, design grafis, otomotif, keuangan, kuliner, travel, dsb. Karena ini akan memudahkan tagging.
  • Rajin-rajin melihat statistik blog. Lihat pengunjung yang “tersasar” datang dengan cara apa? Melalui blog orang lain atau melalui  search engine seperti Google, Yahoo. Lihat kata kunci apa yang paling banyak  mereka gunakan. Kaitkan dengan tema blog kita. Gunakan kata kunci tersebut sebagai tag di artikel yang di-posting. Senakin cocok, akan semakin banyak trafik yang masuk melalui search engine
  • Tambahkan fitur RSS Feed di blog kita.
  • Daftarkan blog/web kita di Webmaster Tools, seperti Google Webmasters Tools, Yahoo Webmasters Tools, Bing, dan sebagainya. Kebetulan saya pakai layanan WordPress. Ketiga tools tersebut sudah termasuk layanan WP. Setelah daftar dan verifikasi, blog kita langsung di-index. Bisa berada di urutan pertama pencarian😀.  Cara verifikasi webmaster tools saya tulis disini.

Sedikit informasi dari saya. Selamat menaikkan trafik. Sharing is Caring😀

3 thoughts on “Tips Menaikan Trafik Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s