Referensi ICT ToolKit

ICT4D atau ICT for Development banyak disemboyankan berbagai organisasi dunia dalam upaya percepatan dan pengembangan infrastruktur serta layanan berbasi ICT di negara-negara berkembang. Tidak semua negara memiliki literasi dan akses terhadap ICT yang seragam, terutama bagi negara dunia ketiga. Indonesia salah satunya.

Beberapa kendala yang dihadapi delam ICT4D adalah strategi implementasi dan regulasi di tiap negara. Meski sudah ada contoh dari negara-negara maju lainnya seperti UK, Korea, Cina, India, Amerika, tidak semua dapat diberlakukan sama. Karena karakteristik tiap negara berbeda.

Strategi implementasi dan regulasi di sektor ICT bisa menjadi penelitian yang menarik. Beberapa organisasi dunia memberikan referensi dan panduan dalam penyusunan strategi implementasi dan regulasi sektor ICT berdasarkan pengalaman negara-negara lain.  Site berikut bisa menjadi referensi.

www.ictregulationtoolkit.org

Site ini merupakan kolaborasi antara Information Development Program (InfoDev, World Bank) dan ITU.  Tool ICT Regulation disusun dalam 7 modul yang bisa kita unduh dalam bentuk PDF. Modulnya sendiri ada regulasi sektor telekomunikasi, regulasi kompetisi dan tarif, regulasi standarisasi/sertifikasi, layanan universal (USO), manajemen spektrum radio/frekuensi, legal institusi, dan regulasi teknologi baru (termasuk masalah konvergensi).

Asyiknya, beberapa referensi dalam tiap-tiap modul bisa kita unduh juga. Mereka menyediakan referensi dokumen, jurnal, dan artikel juga.

3 thoughts on “Referensi ICT ToolKit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s