Manisnya Bisnis Print Indoor/Outdoor

Siang tadi saya buru-buru ke Prima Photocopy di Jl. Cik Di Tiro, UGM. Berhubungan akan menghadiri seminar, saya harus buat name card untuk jejaring. Hari gini baru buat name card…..😀. Gpp-lah, daripada ngga sama sekali.

Tapi buat name card di tempat Photocopy? Apa bisa?? Eitss…jangan salah, Ternyata sekarang banyak bermunculan Photocopy Plus Plus.

Plus Plus karena tidak sekedar menyediakan jasa penggandaan dokumen, penjilidan, atau laminating. Tetapi sudah merambah ke desain grafis, print skala besar, dan cetak kebeutuhan indoor/outdoor. Mulai dari name card, undangan, banner, spanduk, poster, sticker, macem-macem deh pokoknya.

Saya jadi ingat jaman kuliah dulu, sekitar tahun 2003. Untuk mencetak poster ukuran 1 x 1,5 meter saya terpaksa ke Jonas Studio karena belum banyak yang menyediakan layanan jasa cetak. Harganya…jangan ditanya..mahal euy. Belum lagi desainnya dari kita.

Tapi, dengan perkembangan dunia TIK sekarang tidak hanya lebih mudah juga men-diversifikasi usaha/layanan. Seperti di Prisma tersebut. Mereka juga menyediakan layanan desain langsung face to face dengan desainer-nya. Hasil produk langsung jadi, bisa ditunggu. Dan ramainya bukan main. Mesti sabar kalo ada konsumen yang minta-nya macem-macem.

Kemudahaan yang ada saat membawa konsekuensi logis terhadap pemalsuan dokumen bahkan uang. Tinggal scan, redesign, retouching…hasilnya sama persis dengan aslinya. Untuk menghindari pemalsuan tersebut, mereka mewanti-wanti konsumen bahwa tidak menerima layanan cetak uang, ijazah, sertifikat, materai, KTP, SIM, STNK, dan dokumen lainnya yang berstempel/bertanda tangan. Bagus!!!!

4 thoughts on “Manisnya Bisnis Print Indoor/Outdoor

  1. bener tuh mbak, di sekitar UI depok sini juga yang namanya tempat fotokopian, rame banget. tapi ya gitu kerjanya tuk yang karyawan. ga berenti-berenti dari pagi ketemu malem. kadang kesian juga. tapi ga papa selama mereka masih bisa nyari nafkah yang halal.😛

    • iya juga ya, bukanya saban hari. kasian yang di bagian fotokopi, tidak perlu ketrampilan khusus. kalau yang di bagian desain, perlu keahlian minimal corel n photoshop. Fee-nya jadi beda ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s