Template Perhitungan Cost Benefit Analysis

Masih tentang analisis biaya dalam desain sistem informasi. Baru bisa posting sekarang.

Ketika merancang desain sistem informasi, salah satu aspek kelayakan dalam implementasi adalah kelayakan ekonomi. Aspek kelayakan lain yang mesti dianalisis adalah kelayakan teknis, kelayakan operasional, kelayakan jadwal, dan kelayakan hukum.

Dalam aspek kelayakan ekonomi, perlu diperhitungkan biaya investasi yang dikeluarkan dan biaya manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh.ย  Biaya investasi atau biaya tetap adalah biaya-biaya yang ada dalam desain sistem informasi yaitu biaya pengadaan, biaya persiapan operasi,dan biaya implementas. Juga terdapat biaya tidak tetap yang diperhitungkan setiap tahunnya. (baca: analisis desain sistem informasi).

Salah satu uraian dalam biaya pengadaan adalah pengadaan perangkat keras. Tidak bisa asal menentukan jenis dan jumlahnya. Tergantung pada desain yang kita rancang. Nah, sebelumnya perlu dibuat rancangan topologi jaringannya untuk memperhitungkan berapa server yang diperlukan, workstation, jenis jaringan, dan peripherals lainnya. Contoh uraian biaya perangkat keras bisa di download di sini.

Kemudian baru bisa dirumuskan uraian biaya investasinya.

Hal yang cukup rumit adalah analisis biaya manfaatย  atau perhitungan keuntungan yang diperoleh jika sistem diimplemetasikan. Karena selain tangble cost juga terdapat intangibles cost yang sulit diukur. Maka cara yang digunakan adalah merumuskan perkiraan peningkatan transaksi yang dilakukan oleh konsumen.

Download Free:

template perhitungan uraian biaya pengadaan hardware
template perhitungan cost analysis
template perhitungan cost benefit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s