Smadav 2010 Rev 8.0, Anti Virus Buatan Anak Negeri

Luar biasa!!! Sekelompok anak negeri mengukir prestasi dengan membuat software anti virus lokal Indonesia. Anti virus yang dinamakan Smadav 2010 Rev 8.0 memfokuskan proteksi dan pembersihana secara tunta untuk virus-virus lokal yang menyebarluas di Indonesia. Hampir semua virus yang beredar merupakan virus lokal. Atau virus yang dikembangkan di oleh “orang dalam” dan disebarluaskan di dalam negeri pula. Sangat banyak Trojan dan Worm yang beredar, dari namanya kita tahu kalau itu buatan “dalam” seperti AbangSaleh, ABGAceh, Amburadul, Bharatayudha, Gempa bumi, kemben. Indonesia banget…

Smadav cukup kompatibel dengan operating system Windows (XP, Vista, 7). Tapi belum disebutkan apakah cocok dengan open source. Penggunaannya tetap harus berdampingan dengan dengan anti virus yang sudah terkenal ampuh seperti Avast, Kaspersky, Bit Defender, Avira, dsb. Karena sifatnya yang lokal tersebut, ketangguhan Smadav untuk memproteksi serangan “virus asing” masih dipertanyakan.

Saat ini Smadav bisa diperoleh secara Free (weee..langsung melotot nih kalo lihat kata FREE!!!) atau Smadav Pro yang berlisensi/berbayar. Fitur yang ditawarkan untuk Smadav Free sangat minimalis dibandingkan dengan yang Smadav Pro. Tapi lumayanlah untuk sekedar scan system dan update database virus. Satu hal yang menurut saya sangat menarik adalah adanya fitur pengebalan flashdisk terhadap virus. Begitu kita colokin, sistem langsung men-sacan flashdisk, memberi report apakah flashdisk aman atau tercemar virus, dan memberikan fitur pengebalan ke flash. Hmm…menarik.
Dan…aplikasi ini berbahasa Indonesia. Menyenangkan ga tuuhhh…

Pengembangan rasa-rasanya masih harus dilakukan tidak hanya pada aplikasi Smadav tapi juga komunikasi dengan pengguna melalui website. Website Smadav saat ini kurang menarik dan beberapa link tidak bisa diakses dan tidak user friendly.

Sukses buat teman-teman Smadav.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s