Struktur Sistem Mobile Commerce

Tren aplikasi teknologi informasi saat ini telah merambah ke aplikasi mobile yang bergerak di perangkat seluler. Pengguna perangkat ponsel lebih banyak dari komputer sehingga kebutuhan dan perkembangan konten aplikasi mobile lebih tinggi dibanding aplikasi di komputer. Banyak sekali aplikasi ยญM-commerce yang dapat dikembangkan seperti m-banking, m-ticketing, m-health, m-agriculture, m-education, m-entertain, dan location based service. Beberapa faktor pendorong yang menjadikan M-commerce berkembang yaitu perkembangan tren sosial masyarakat yang perlahan meninggalkan komunikasi tradisional, adanya perkembangan inovasi transmisi teknologi komunikasi, dan adanya faktor pendorong ekonomi

Sistem struktur M-commerce lebih kompleks dibandingkan sistem struktur E-commerce karena melibatkan komponen dalam komunikasi bergerak. Sistem struktur M-commerce meliputi aplikasi, mobile station, mobile middleware, wireless network, wired network, dan host computer.

  1. Aplikasi M-commerce, merupakan jenis layanan yang dibangun di atas M-commerce seperti disebutkan dalam tabel 1.
  2. Mobile stations, adalah perangkat handset yang menjadi antar muka pengguna ketika aktivasi aplikasi M-commerce. Saat ini semua handset mendukung aplikasi M-commerce sederhana seperti teks sedangkan aplikasi yang lebih kompleks dengan visualisasi dapat digunakan handset cerdas seperti iPAQ, Communicator, Palm.
  3. Mobile middleware, adalah layer perangkat lunak yang digunakan antara sistem operasi handset dan aplikasi M-commerce. Perangkat lunak akan mentranslasikan permintaan oleh handset ke server dan sebaliknya. Perangkat lunak yang umum digunakan adalah WAP (wireless application protocol), i-mode, Java, dan beberapa aplikasi menggunakan Visual Basic dan Delphi.
  4. Wireless network, merupakan infrastruktur yang mendukung komunikasi nirkabel dimana mobilitas pengguna menuntut akses tanpa batas. Jaringan nirkabel yang digunakan dapat berupa Wireless Local Area Network (WLAN) dan Wireless Wide Area Network (WAN).
  5. Wired networkยธ adalah infrastruktur server yang digunakan oleh perusahaan.
  6. Host computer, adalah perangkat komputer yang menjalankan dan menyimpan informasi aplikasi M-commerce. Komponen utama host adalah web server, database server, dan program aplikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s