Indonesia, Masuk Dalam 10 Negara Pengakes Facebook Terbesar

Dalam rilis yang dikeluarkan www.checkfacebook.com, Indonesia termasuk 10 negara pengases Facebook terbesar. Bahkan satu-satunya negara di Asia. Indonesia berada di posisi 7 setelah Amerika, Inggris, Turki, Prancis, Kanada, dan Italia. Luar biasaaa…. Pertumbuhan user selama satu pekan pun termasuk tinggi 6,84% atau setara denganย  752.640 user. Hanya terpaut satu strip dengan Malaysia. Saat ini jumlah user Facebook di Indonesia mencapai 11.759.980 user.

Mayoritas user adalah laki-laki, namun tidak banyak selisihnya dengan perempuan, totalnya adalah 6.824.520 user atau sekitar 58,1%. Sedangkan total user perempuan adalah 4.922.240 user (41.9%). Dari sisi usia, pengakses terbesar adalah mereka yang berusia 18-24 tahun sekitar 40.1% (4.749.580 user). Sepertinya, mahasiswa lebih sering bermain-main dengan FB. Di atas sedikit, jumlah pengakses usia 25-34 tahun mencapai 3.000.200 (25,3%). Hebatnya, ada juga facebooker cilik yang berusia di bawah 13 tahun. Jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit, 228.240 user. Banyak juga kan.

Jika melihat tulisan sebelumnya, sangat wajar pertumbuhan akses FB begitu pesatnya. Bahkan alexa sendiri menyatakan Facebook adalah situs paling sering dikunjungi dibanding Google dan Yahoo. Benar-benar facebook maniac.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan pertumbuhan di Indonesia bisa begitu tingginya. Jika dilihat dari infrastruktur jaringan internet, kita masih kekurangan banget. Mungkin beberapa hal ini bisa menjadi pemicunya:

  • Harga handphone sangat murah begitu pun tarif komunikasi dan internet. Lebih murah dari beli komputer danย  nge-net di warnet. Jika masa dulu, untuk membeli handphone low end dengan nada dering polifonik kita perlu merogoh kantong lebih dalam. Sekarang, dengan 200 ribu saja sudah dapat handphone keren, berwarna, berpemutar musik, bisa internetan pula. Maka, ber-facebook pun semakin mudah dan murah
  • Foto digital semakin digilai. Baik camera digital maupun handphone berkamera menjadi media tepat untuk mengekspresikan diri. Semakin banyak orang mengabadikan momen dalam hidupnya dan berbagi dengan orang lain.
  • Pergeseran iklim sosial-politik menjadi pemicu pula. People Power benar-benar terasa dimana penggalangan dukungan bisa mencapai jutaan massa dan mampu menggoyang pemerintah untuk mengambil tindakan tegas terhadap kasus-kasus nasional . Kasus Prita dan KPK menjadi contoh fenomena sosial-politik yang mencolok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s