RUU Kominfo Yang Akan Dibahas DPR Tahun 2010

Tahun 2010 nanti, direncanakan DPR akan memprioritaskan pembahasan 55 RUU yang dilimpahkan pada komisi berkaitan. Dari 55 RUU tersebut, terdapat 3 RUU yang berkaitan secara langsung dengan kominfo dan beberapa diantaranya berkaitan secara tidak langsung.

Ketiga RUU yang akan dibahas yaitu RUU Penyiaran (revisi dari UU 32/2002 tentang Penyiaran), RUU Konvergensi Telematika, dan RUU Tindakan Pidana Teknologi Informasi. Pembahasan nantinya akan dilimpahkan ke Komisi I DPR.

Pelaksanaan UU No 32/2002 saat ini masih banyak ketimpangan, bahkan aturan turunannya (Permen, Kepmen) juga belum mengakomodir permasalahan di lapangan. Misalnya saja pelaksanaan stasiun televisi berjaringan yang hingga saat ini belum terwujud. Aturan penyiaran dan perijinan juga masih belum dipahami dengan baik. Jika nantinya revisi ini dibahas, sebaiknya aturan tentang stasiun TV berjaringan, perijinan, dan siaran perlu disebukan secara tegas.

Demikian pula dengan adanya RUU Konvergensi Telematika. Ada hal yang menarik disini karena kita akan menuju era konvergensi. Televisi, telekomunikasi, dan internet akan berada dalam satu jaringan. Maka, bisa jadi antara UU Telekomunikasi dan UU Internet akan disinggung kembali. Bahkan akan saling beririsan dengan RUU Penyiaran dan RUU Konvergensi. Begitupun dengan adanya RUU Tindak Pidana Teknologi Informasi (cybercrime) akan ada kaitannya dengan UU ITE.

Bagaimanapun geliat TIK di negeri semakan gencar dan perlu diatur secara bijaksana. Semoga tidak berhenti pada UU, diturunkan kembali dalam bentuk Permen maupun Kepmen. Beberapa turunan UU tentang kominfo saat ini masih belum tuntas terutama tentang UU ITE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s