Realisasi Porgram USO

Program penggelaran fiber optic dalam proyek Palapa Ring yang menghubungkan wilayah Indonesia bagian timur asih terus berjalan. Pemerataan layanan komunikasi dan informatika diharapkan dapat terjangkau hingga seluruh wilayah, terutama desa terpencil dan daerah perbatasan. Sebelumnya, M. Nuh (Menkominfo KIB I) memprakarsai program desa berdering dan desa pinter dari implementasi proyek Palapa Ring. Diharapkan, 33.285 desa segera terhubung dengan jaringan komunikasi.

Apa yang dirintis oleh M. Nuh, syukurlah dilanjutkan oleh Tifatul Sembiring, menkominfo saat ini. Dalam program 100 harinya, Tifatul menggagas program 100 desa komputer atau desa yang terkoneksi dengan internet. Dan, tepat 30 November 2009, SBY meresmikan pengoperasian desa berdering di Nusa Tenggara Barat. Sebuah langkah yang sangat patut dihargai.

Depkominfo sendiri dalam situsnya memaparkan 4 faseย  manfaat program USO yaitu :

  1. Connectivity , yaitu keterhubungan antar desa dengan desa dan desa dengan kota dengan akses layanan suara, SMS, dan akses layanan internet yang merupakan target tahap awal dari penyediaan USO.
  2. Transaction, yaitu tersedianya fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan masyarakat sehari-hari yang dapat meningkatkan taraf hidup yang didapat dengan cara komunikasi jarak jauh atau virtual tanpa memperhitungkan jarak dan waktu seperti e-education , e-bussiness , e-health , e-book, e-library, dll melalui akses layanan ICT yang telah tersedia.
  3. Collaboration , yaitu terciptanya komunikasi yang baik antar desa baik yang disatukan dalam wilayah administrasi tertentu ataupun di wilayah administrasi yang berbeda sehingga terjalin komunitas-komunitas antar desa yang dapat mengembangkan potensi masing-masing desa dan saling bekerjasama.
  4. Transformation , yaitu terbentuknya transformasi kondisi sosial masyarakat yang sudah akrab dengan ict sehingga segala bentuk kegiatan sehari-hari dapat lebih efisien dan efektif dengan menggunakan ICT.

Untuk pelaksanaan program 100 harinya, Tifatul perlu mengkaji beberapa hal dalam implementasi desa komputer. Dan hal ini rasa-rasanya tetap perlu dilakukan terus menerus dalam setiap implementasi desa pintar ataupun desa berdering.

  1. Membuka jalan bagi masyarakat dalam mengakses jaringan dan layanan digital (ICT)
  2. Membangun konten informasi yang sesuai dengan karakter masyarakat lokal. Hal ini dapat berkaitan dengan bentuk implementasi desa komputer yang sesuai bagi tiap desa.
  3. Meningkatkan produktivitas usaha ekonomi masyarakat lokal dengan pemanfaatan komputer (ICT) karena ketersediaan informasi membuka peluang dan mendorong pertumbuhan ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s