Menkominfo Beri Bingkisan Untuk Sang Pengkritik

Mungkin Tifatul Sembiring, menkominfo, adalah satu-satunya pejabat di jajaran kementerian yang membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat. Facebook dan Twitter adalah dua dari banyak ruang yang mungkin dibuka menkominfo untuk menerima masukan hingga kritikan dari masyarakat.

Baik di facebook maupun twitter, tidak banyak yang diposting oleh menkominfo selain bebera quote, ucapan menyambut hari, atau kegiatan yang akan dilakukan. Dan hampir semuanya mendapat tanggapan.

Sayangnya komentar di facebook, lebih banyak (kalau tidak mau disebut) berisi dukungan daripada saran dan kritikan.ย  Tampaknya, mereka adalah pendukung berat Tifatul Sembiring.

Lain di twitter, komentar yang bermunculan justru yang pedas-pedas alias nyelekit…. Ada juga kritikan yang membangun. Beruntung Menkominfo meladeninya dengan lapang dada, tidak terburu-buru murka.

Akan tetapi, secara pribadi saya menyayangkan pemberian bingkisan bagi pengkritik terpedas yang dilayangkan melalui twitter. Bukankah kritik adalah hal yang lazim dalam alam demokrasi. Dan jika benar-benar memperhatikan isi kritikannya, bisa jadi memang benar adanya. Kita diperingatkan atas kelalaian yang mungkin kita lakukan. Lalu kenapa harus diberi hadiah?

Apakah karena ingin meneladani sifat rasul yang mengasihi orang yang membencinya? Saya yakin, pengkritik tidak membenci Tifatul Sembiring. Mereka melontarkan kritikan pedas karena beberapa kebijakan menkominfo dinilai tidak tepat. Seperti saat pemblokiran situs pelecehan rasul, kenapa semua blog jadi terblokir. Tentunya tidak bisa disalahkan pada pelaksanaan teknisnya.

So, kritikan tetap penting bahkan sepedas apa pun. Jika ingin meneruskan pemberian hadiah, silahkan saja. Tetapi sebaiknya tidak mengatasnamakan Depkominfo, cukup atas nama pribadi.

(wallahu’alam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s